Bila kamu pernah mencoba mencari stok foto gratis di Internet, kamu pasti pernah mengalami kesulitan karena sebagian besar stok foto dimiliki perusahaan profesional seperti Shutterstock dan 123RF. Biaya untuk memperolehnya cukup mahal sekitar 20 USD atau lebih untuk satu foto. Bahkan ketika kamu menemukan stok foto gratis, sebagian besar merupakan foto dengan resolusi rendah, ada watermark, buram dan kurang menginspirasi.

Beruntung ada beberapa cara untuk mengakses stok foto kualitas tinggi dengan mudah dan tanpa harus membayar mahal. Berikut daftar situs stok foto gratis terbaik untuk desainer, pemilik bisnis atau siapapun yang menyukai foto-foto indah dan menarik.

Unsplash
Unsplash menambah 10 foto baru bebas royalti setiap 10 hari dan mereka kerap menawarkan landscape dengan pemandangan indah dan mendebarkan. Gulir kebawah homepage untuk melihat foto sungai berkabut, pegunungan atau foto terbaik lain yang seluruhnya dalam resolusi tinggi.

Picjumbo
Picjumbo menawarkan navigasi yang mudah dan resolusi foto sangat tinggi tanpa memerlukan atribusi. Situs ini juga menyediakan koleksi lengkap foto dengan tema makanan, sehingga bila berniat menjalankan sebuah restoran atau startup bertema gizi kamu bisa mencari gambar-gambar yang diperlukan di Picjumbo.

Superfamous
Folkert Gorter seniman asal belanda dan rekan-rekannya dari desain grafis SuperFamous mengumpulkan koleksi gambar resolusi tinggi yang menakjubkan, sangat sempurna digunakan untuk desain website maupun background desktop.

Pixabay
Pixabay merupakan mimpi seorang desainer web. Situs ini tidak hanya menawarkan fitur pencarian yang mudah digunakan, gambar-gambar yang dimilikinya benar-benar brilian. Menariknya, sama sekali tidak memerlukan atribusi.

Gratisography
Gratisograpjy memiliki koleksi luar biasa. Situs yang dibangun oleh seorang desainer dan seniman berbakat Ryan McGuire memiliki sejumlah gambar yang sangat menggugah dan mereka tidak memerlukan atribusi apapun.

MorgueFile
MorgueFile menjadi situs paling sederhana dalam daftar, karena memiliki tata letak efisien dan list foto tersusun apik. Bila foto diklik, gambar tidak membesar, namun muncul cover pada foto yang berisi berbagai topik. Kamu bisa menemukan berbagai macam gambar mulai dari satwa liar hingga barang-barang antik.

New Old Stock
New Old Stock berisi kumpulan foto antik milik lembaga pemerintah dan kamu mungkin tidak akan bosan menelusurinya selama berjam-jam.

Getrefe
GetRefe tempat yang ideal bila kamu membutuhkan foto arsitektur atau landscape. Tidak ada embel-embel dan tidak ada kategori di situs ini, hanya gambar indah yang diambil oleh sejumlah fotografer yang berkunjung keberbagai tempat di Eropa.

Ketika kamu melakukan pencarian di Google Images, kamu belum tentu bisa menggunakan foto yang ditemukan secara bebas. Dalam banyak kasus, foto masih dilindungi oleh hak cipta fotografer. Jadi jika kamu sedang mencari foto yang akan digunakan untuk desain dan ingin menjaga diri dari masalah hak cipta, kamu perlu mencari situs yang secara eksplisit menentukan lisensi hak cipta dari masing-masing gambar. Umumnya cukup mudah menemukan lisensi pada situs-situs tersebut. Biasanya deskirpsi lisensi ada pada setiap halaman atau setidaknya tautan ke deskripsi.

Berikut Dua jenis lisensi yang kamu akan temukan dalam situs gudang gambar gratis:
Creative Commons Zero, artinya kamu bisa menggunakan foto sesuka hati tanpa perlu meminta izin.
Creative Commons Atribution, artinya kamu bisa menggunakan foto sesuai keinginan, asal menyebutkan pemilik asli dari foto tersebut.

Atribusi ini cukup mudah, bila kamu menyertakan foto pada salah satu halaman web, berikan teks pemilik foto misal Photo by John Smith dan pastikan menyertakan tautan ke situsnya.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s