Salah satu cara membedakan pengguna komputer pemula dan pengguna kawakan, ialah mengetahui cara pintas memanfaatkan tombol keyboard Windows dan tahu kapan harus menggunakannya. Ada beberapa cara pintas keyboard Windows sederhana yang mungkin akan membantu kamu menjadi seorang ahli komputer, berikut 6 shortcut favorit yang akan membantu meningkakan produktifitas sekaligus aktivitas komputer kamu menjadi terlihat super cepat.

Pencarian Komputer (Win)
Sejak Windows 7 diperkenalkan, menu search menjadi fitur penting dari start menu Windows dan sejauh ini menjadi salah satu cara termudah dan trik terbaik menggunakan komputer. Cukup tekan tombol Windows dan mulailah mengetik. Saat kamu mengetik, Windows secara otomatis mencari program dan file di komputer yang sesuai dengan query kamu.

Jadi bila kamu tidak suka desktop dipenuhi dengan ikon, bisa memanfaatkan menu pencarian cepat dengan menekan tombol Windows. Kamu juga bisa menemukan jauh lebih cepat apa yang diinginkan, karena mencari program atau file dengan nama membuat kamu tidak perlu lagi bersusah payah mengingat dimana terakhir kali menyimpannya.

Bersihkan Desktop (Win+D)
Ketika menggunakan komputer dengan membuka browser web, memeriksa email, mengetik maupun kegiatan lainnya, membuat desktop dipenuhi jendela aplikasi yang terbuka. Kamu hanya perlu menekan tombol Win kemudian D, untuk minimize semua jendela yang terbuka pada desktop.

Ini berguna ketika kamu sedang mencari file atau tiba-tiba seorang datang dari belakang ketika kamu mengerjakan sesuatu yang bersifat pribadi. Tekan Win+D untuk minimize semua jendela yang terbuka dan tekan sekali lagi untuk kembali pada keadaan semula.

Memili Aplikasi yang Aktif (Alt+Tab)
Bila kamu membuka banyak jendela aplikasi dan kesulitan beralih antara jendela satu dengan jendela lain, bisa memanfaatkan shortcut Alt+Tab. Cukup tahan tombol Alt dan tekan Tab untuk beralih antara satu jendela ke jendela lain. Ini menjadi cara yang sangat mudah menavigasi banyaknya jendela aplikasi yang terbuka.

Snap Jendela (Win+Tombol Panah)
Pada Windows kamu bisa snap apapun yang terbuka dan pasti akrab dengan maximize dan minimize jendela. Namun sejak Windows 7 diperkenalkan kamu juga dapat menyandingkan jendela dengan mudah. Drag jendela yang terbuka kesisi kiri atau kanan layar dan jendela akan memformat dirinya menjadi setengah layar, sehingga memungkinkan kamu memperoleh dua jendela yang saling berdampingan.

Ini juga bisa dilakukan dengan mudah dengan keyboard menggunakan shortcut Win+Tombol Panah. Cukup tahan tombol Windows dan tekan tombol panah kanan atau kiri untuk memindahkan jendela yang terbuka disekitar layar, sehingga memungkinkan kamu membuat jendela saling berdampingan dalam satu layar. Kamu juga bisa menggunakan tombol panah atas atau bawah sambil menahan tombol Windows untuk maximize atau minimize jendela.

Tampilkan Layar ke Proyektor atau TV (Win+P)
Agak sedikit memalukan ketika kamu herus berjuang karena kesulitan menghubungkan laptop ke proyektor ketika ingin presentasi dalam suatu forum maupun pertemuan. Beberapa komputer memiliki fungsi keyboard khusus untuk menyiapkan proyektor dan belum tentu berlaku universal. Namun kamu bisa gunakan shortcut Win+P untuk membuka pengaturan layar. Dari situ kamu bisa menduplikat layar ke layar lain, menggunakan dua layar sebagai ekstensi dari layar utama, atau beralih dari layar komputer saja atau proyektor saja.

Mengunci Komputer (Win+L)
Bila kamu sering meninggalkan komputer, jangan lupa selalu menguncinya dengan menekan Win+L. Ini merupakan cara sederhana untuk memastikan tidak ada yang mengutak-atik apa yang sedang kamu kerjakan, kecuali bila mereka tahu password komputer kamu.

Sebagian besar cara pintas ini melibatkan tombol Windows, tombol ini berada di pojok kiri bawah keyboard dan umumnya diapit oleh tombol ctrl dan alt.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s