Kini internet menjadi tempat favorit para penjahat untuk beraksi. Dibandingkan kejahatan yang dilakukan secara tradisional, kejahatan cyber nyatanya menghasilkan lebih banyak uang dengan resiko lebih kecil. Ini artinya kamu harus lebih ekstra hati-hati, karena melindungi diri kamu di dunia maya sedikit lebih kompleks dibanding dengan mengunci pintu atau menjaga tas tangan kamu dari pencuri.

Berikut cara melindungi diri dari kejahatan dunia maya dan disini terfokus pada bagaimana membuat PC Windows selalu aman.

  • Antivirus. Setiap kali kamu berada di Windows harus selalu menjalankan program antivirus yang up-to-date. Antivirus ini beroperasi dilatar belakang yang tujuannya tidak hanya membokor virus, namun juga berbagai macam malware yang membahayakan komputer kamu.
  • Perkuat lagi dengan scanner malware. Program antivirus terbaik bisa saja berhasil ditembus, jadi seminggu sekali ada baiknya scan PC kamu dengan program lain yang melakukan scan jika kamu perintah. Kamu bisa menggunakan versi gratis seperti Malwarebyte Anti-malware.
  • Firewall. Program ini sama seperti antivirus, selalu beroperasi dilatar belakang. Namun fungsinya mengontrol lalu lintas antara PC dengan seluruh jaringan termasuk internet. Windows dilengkapi dengan firewall yang sangat baik, namun kamu harus memastikannya selalu aktif.
  • Update. Pastikan Windows update dirinya secara otomatis. Pada Windows 7 atau 8, tuju kotak search untuk merilis Windows Update. Klick Change Setting pada panel sebelah kiri dan pastikan recommended update automatically diposisi aktif.
    Pada Windows 10, tuju windows update melalui search, pilih Windows Update Setting. Scroll hingga ke bawah jendela dan klik Advanced Option kemudian pastikan Automatic aktif.
  • Gunakan dua akun. Kamu perlu akun tipe administrator untuk mengelola Windows dan sebuah akun standar untuk bekerja dan menikmati hiburan di PC. Jika kamu masih menggunakan satu akun administrator untuk melakukan segalanya, segera tuju tool User Account di Control Panel. Buat sebuah akun administrator baru kemudian ubah akun sebelumnya menjadi Standard. Setelah itu lanjutkan kembali pekerjaan lama kamu pada akun standar yang baru.
  • Browser. Setelah Windows, browser kamu harus selalu up-to-date dan aman. Tuju setting browser untuk memastikan update secara regular dan atur setting agar memblokir situs mencurigakan.
  • Enkripsi. Bila PC kamu dicuri jangan biarkan pencuri memperoleh rahasia kamu dengan mudah. Tempatkan file penting dan sensitif milik kamu dalam wadah enkripsi.
  • Password. Kamu harus menggunakan kata password berbeda untuk setiap login website dan masing-masing password harus memiliki karakter banyak, kuat dan kompleks. Gunakan password manager untuk mempermudah kamu mengingatnya.
  • Email. Client email kamu mungkin memiliki filter spam yang baik, namun belum tentu sempurna. Beberapa pesan sampah bisa saja lolos dan kamu perlu mengidentifikasinya dengan baik.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s