Kamu mungkin sering kali harus mengganti kabel di rumah karena kondisi kabel rusak, digigit binatang peliharaan maupun pengerat atau mungkin karena suatu insiden. Sebenarnya ada beberapa cara mudah membuat kabel menjadi tidak mudah rusak dengan barang-barang murah atau memperbaikinya sehingga tidak perlu membeli kabel baru.

Tips perlindungan ini bisa digunakan pada kabel yang umumnya ada disekitar rumah. Namun tips perbaikan hanya boleh digunakan pada kabel tegangan rendah seperti kabel charger ponsel, kabel kontroler konsol game, atau kabel headphone. Langkah terbaik untuk kabel besar yang mengalami kerusakan seperti kabel ekstensi ialah membuangnnya untuk mencegah sengatan atau kebakaran.

Lindungi Kabel Dengan Selang
Bila binatang peliharaan atau mungkin pengerat seperti tikus sering mengunyah kabel kamu, ada cara mudah melindungi mereka dari para pelahap itu. Beli gulungan selang vinyl, buat celah pada satu sisi selang kemudian selipkan kabel kedalam selang.

Kabel 2.jpg

Bungkus kabel dengan pembungkis spiral
Jika memotong selang terdengar seperti pekerjaan yang merepotkan, kamu bisa membeli produk yang disebut dengan spiral wraping atau pembungkus spiral untuk menyarungkan kabel. Salah satu kelebihan pembungkus spiral memungkinkan kamu membukus beberapa kabel secara bersamaan.

Gunakan selang bakar
Bila badan kabel terkelupas, kamu bisa memperbaikinya dengan selang bakar. Hati-hati memotong dua bagian selang bakar yang umumnya berukuran panjang 1.25 inci. Berikan perekat silikon sedikit lebih banyak pada kedua ujung pertemuan konektor. Sebelum silikon mengering bungkus kabel dengan selang bakar hingga menutupi semua ujung masing-masing konektor. Bersihkan kelebihan silikon dan susutkan selang bakar dengan menggunakan korek api, namun pastikan agar api tidak terlalu dekat agar tidak membuat kabel meleleh. Bila tidak ingin menggunakan korek api, kamu bisa memanfaatkan hair dryer dengan kekuatan panas penuh untuk menyusutkan selang bakar.

Cegah kabel putus dengan pulpen
Sebagian kabel seperti kabel charger ponsel maupun jack headphone menjadi lebih mudah copot. Kamu bisa mencegahnya dengan per yang ada dalam pulpen tekan. Bongkar pulpen model tekan, ambil per didalamnya regangkan sedikit kemudian bungkus area pangkal kabel dengan per. Kawat memberikan memberikan perlindungan cukup mencegah kabel meregang.

Kabel 1.jpg

Perbaiki kabel dengan solder plastik
Bila kerusakan kabel telah terjadi kamu bisa memperbaiki kabel dengan solder plastik unik disebut dengan Bondic, yang mampu memperbaiki kabel hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Kamu hanya perlu membersihkan kabel, menerapkan Bondic pada area yang rusak dan memperkuat plastik dengan lampu LED yang disertakan dalam alat perbaikan.

Beri lapisan pada kabel baru
Pita listrik cairan seperti PlastiDip atau Porfomix merupakan plastik cair yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki kabel rusak atau terbakar. Kamu hanya perlu menerapkan dua lapisan kemudian biarkan mereka mengering.

Atasi Masalah Kabel dengan Lego
Figur dari Lego memiliki tangan sempurna untuk memegang kabel. Gunakan stick double tape untuk menahan figur Lego dimanapun kamu menggunakan kabel. Ketika kabel tidak digunakan, biarkan figur Lego tetap memegang kabel sehingga tetap aman dan sulit dijangkau oleh binatang peliharaan kamu maupun binatang pengerat.

Penting untuk diperhatikan, sambungan pada catu daya harus dicabut sebelum mencoba salah satu tips diatas agar terhindar dari resiko arus pendek listrik.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s