Motor menjadi salah satu alat transportasi favorit masyarakat perkotaan. Bahkan sebagian orang begitu menikmati touring dengan menempuh jarak sangat jauh menggunakan motor kesayangannya. Perlindungan tubuh merupakan suatu keharusan ketika mengendarai motor dan helm menjadi salah satu perlindungan paling penting. Jadi sebelum membeli produk helm, pastikan helm yang kamu pilih memiliki ketentuan berikut.

Helm Sesuai Standar
Saat kamu membeli helm, hal pertama yang perlu kamu perhatikan ialah helm memiliki kualifikasi standar, ditandai dengan logo SNI atau DOT untuk AS. Standar ini umumnya mengharuskan helm mampu melakukan fungsi utama seperti meredam benturan, melindungi pemakai dari benda yang terlempar dijalan serta seberapa baik helm mengikat atau tetap berada dikepala.

Pas dan nyaman
Pas dan nyaman harus hadir bersamaan ketika memilih sebuah helm. Helm harus pas dan cukup ketat sehingga tidak terlepas dari kepala bila kamu menghentaknya kebelakang atau kedepan. Kamu harus merasa kulit kulit ikut bergerak bila helm digoyankan. Helm perlu memiliki bantalan yang mampu menyesuaikan diri dengan kepala serta wajah dan kamu harus merasa bantalan berada tepat dibagian depan dan atas kepala. Bila memilih helm full-face atau open-face, bantalan juga harus mengunci bagian pipi dan dagu.

Fitur kenyamanan termasuk ventilasi udara, bantalan dan peredam kebisingan. Banyak helm memiliki ventilasi dibagian atas helm untuk mendinginkan bagian atas kepala. Selain itu, setiap orang memiliki kontur wajah berbeda, sehingga perlu dipastikan bantalan bisa menyesuaikanya dengan baik agar tulang pipi, hidung, dahi dan rahang tetap nyaman. Sementara segel ketat disekitar telinga, membantu memblokir suara angin serta melindungi gendang telinga dari suara bising dari mesin atau knalpot.

Harga
Banyak faktor yang mempengaruhi harga sebuah helm dan untungnya helm berstandar SNI atau DOT banyak tersedia dengan berbagai model dan harga. Grafis khusus bisa membuat sebuah helm menjadi lebih mahal dan kamu bisa sedikit menghemat bila bersedia meninggalkan gaya dan memilih warna polos. Fitur ekstra seperti ventilasi udara dan bantalan yang bisa disesuaikan turut mempengaruhi harga helm. Bahkan tambahan perisai yang sudah standar saat ini turut menambah biaya.

Model Helm
Helm umumnya dikategorikan dalam fullface, open face dan shortly. Fullface menawarkan perlindungan paling baik dari bahaya benturan dan tekanan karena memiliki pelindung wajah, sehingga kamu terlindung dari kepala hingga leher. Kamu bisa memilih helm open face untuk tampilan yang lebih tradisonal dengan tali dagu dan tanpa pelindung wajah. Helm ini juga mampu melindungi kepala dengan baik, namun kemungkinan kamu tidak bisa terhindar dari terpaan angin dan serangga. Sedangkan helm shortly menyerupai helm kuno dan lebih ditujukan untuk pesepeda.

Memilih helm yang tepat merupakan bagian penting untuk menjaga keselamatan diri dijalan raya, sehingga tidak ada salahnya kamu menginvestasikan uang untuk memilih helm motor berkualitas.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s