Kini kamu tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai sebelum tiba di rumah atau ketika sedang melakukan panggilan penting, karena perangkat terbaru Lenovo Vibe P1 memiliki kapasitas baterai besar dan menjanjikan run-time lebih lama dari produk pesaing dengan harga yang sama.

Lenovo Vibe P1 – Silver

Desain
Lenovo Vibe P1 sepertinya lebih mengutamakan fungsi dibanding estetika, di lihat dari tampilan luar yang cenderung besar dan sedikit tebal. Pada bagian depan perangkat, 72 persen digunakan untuk layar dengan tombol home fisik yang akan mengingatkan kamu pada desain khas Samsung. Bagian tubuh sepenuhnya terbuat dari logam dengan pengecualian strip plastik di bagian atas untuk menyembunyikan slot kartu SIM dan microSD dan sebagian kecil bagian bawah dari material plastik.

Layar ukuran 5.5 inci full-HD dengan kerapatan 401 ppi jenis IPS-LCD menghasilkan gambar tajam dan jelas dalam cahaya normal, namun sedikit melemah bila berada dibawah sinar matahari sangat terik dan sudut pandang ekstrem. Namun layar memiliki ketajaman dan reproduksi warna yang cukup baik dan sangat bagus bila digunakan dalam ruangan.

Bagian belakang terasa lembut dan mudah digenggam dengan kamera dan flash LED dual-tone berada di bagian tengah atas. Logo Vibe dan Lenovo juga menempati bagian belakang. Bagian sisi memiliki tata letak standar dengan tombol power dan volume di bagian kanan, soket 3.5mm dan microphone tambahan di bagian atas, port micro USB dan grill speaker di bagian bawah, serta kontrol switch powersaver mode di sebelah kanan.

Sensor sidik jari terletak ditombol fisik home dan bisa dimanfaatkan untuk langsung membuka perangkat dari mode sleep. Sensor synaptics dapat menyimpan dan membaca hingga dua sidik jari dan memungkinkan kamu membuka kunci perangkat. Sensor umumnya berfungsi dengan baik dan bila sidik jari tidak terbaca, tinggal memposisikan kembali jari kamu untuk mencobanya lagi.

Disertakan pula charger 2A/7V yang mampu mengisi ulang perangkat dengan cepat, hanya perlu waktu 35 menit dari 0 hingga tenaga baterai terisi 65 persen. Cukup mengesankan mengingat kapasitas baterainya yang besar mencapai 4900mAh. Terdapat pula adapter OTG yang memungkinkan Vibe P1 digunakan sebagai baterai portabel untuk isi ulang perangkat lain.

Spesifikasi dan Software
Lenovo Vibe P1 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 dengan RAM 2GB, dilengkapi konektifitas NFC dan slot berbeda untuk dual SIM maupun kartu microSD. Sedangkan kapasitas penyimpanan internal P1 cukup besar mencapai 32GB. Salah satu fitur penting Vibe P1 ialah baterai 4900mAh, karena sangat bermanfaat buat kamu yang menginginkan smartphone yang bisa digunakan seharian dalam sekali isi ulang.

Smartphone menjalankan Android 5.1.1 yang dibungkus dengan Lenovo Vibe UI dibagian atas. Menariknya Vibe P1 kini menggunakan dual layer UI sehingga kamu bebas memilih UI yang kamu sukai. Tentu saja ada bagian tertentu dalam Setting app untuk fitur seperti sensor fingerprint, screen gesture dan quick snap, termasuk permission control dan berbagai pengaturan lain.

Kamera
Kamera utama 13MP Lenovo Vibe P1 dilengkapi flash led ganda dual-tone dan kamera 5MP di bagian depan merupakan kamera 5MP. Keduanya mampu merekam video dengan resolusi Full-HD. Aplikasi kamera mudah digunakan, dengan tombol layar merekam cepat video, kamera switching, flash dan modus HDR. Pada menu setting tersedia sejumlah pilihan termasuk pengaturan manual, resolusi foto dan video, selftimer dan lokasi tagging.

Kamu bisa memanfaatkan tombol volume untuk menangkap gambar dan menekan dua kali tombol volume dalam kondisi apapun termasuk ketika modus tidur. Seluncur cepat menuju aplikasi kamera ini bisa kamu aktifkan melalui setting kamera.

Kamera utama mampu menghasilkan gambar tajam dan detail, serta mampu mempertahankan fokus dengan baik. Kamera mampu menangkap objek bergerak dengan akurat serta mampu menyusun potret dengan baik sehingga lebih mudah memahami jarak dan detail bahkan pada layar ponsel itu sendiri. Kamera depan cocok digunakan untuk selfie dan video chat, namun sulit menemukan keunikan lain dari kamera depan Vibe P1.

Kinerja
Snapdragon 615 membuat Lenovo Vibe P1 memiliki kinerja yang handal. Encode video yang berat dan game dengan grafik intensif mampu ditangani dengan baik tanpa pernah terjadi lag, gagap maupun crash selama Vibe P1 diuji coba. P1 mampu mencetak stkor di AnTuTu dan Quadrant masing-masing 35.388 dan 19.995 dan GFXBench serta 3Dmark Ice Storm Extreme masing-masing 14fps dan 5496. Artinya smartphone memiliki kinerja cukup handal baik untuk penggunaan harian, memutar video, berselancar internet maupun bermain game.

Smartphone mampu bertahan selama 20 jam 38 menit dalam uji baterai dengan memutar video tanpa henti dan bisa bertahan selama dua hari penuh untuk penggunaan biasa. Pada situasi dimana kamu membutuhkan lebih banyak fungsi dasar telpon, modus penghemat daya dapat lebih menghemat energi baterai, sehingga mereka yang butuh smartphone dengan baterai solid tidak akan kecewa dengan Vibe P1.

Kesimpulan
Lenovo Vibe P1 membuat kamu memiliki smartphone yang solid karena dilengkapi semua fitur dan spesifikasi yang dibutuhkan, sehingga menghasilkan smartphone handal yang dilengkapi kamera berkualitas, sensor sidik jari serta baterai mumpuni. Vibe P1 merupakan smartphone kelas menengah yang harus kamu pertimbangkan bila ingin membeli perangkat baru.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s