Samsung Galaxy A3 merupakan tipe terbaru dari seri Galaxy dengan desain khas elegan Samsung, namun menggunakan spesifikasi yang lebih rendah dengan tujuan untuk mencapai harga yang lebih terjangkau.

Samsung-Galaxy-A3

Desain
A3 menggunakan desain unibody alumunium seperti iPhone dengan tampilan yang terlihat stylish, ramping serta ringan dengan bobot hanya 110g dan ketebalan hanya 6.9mm. Terdapat tombol home fisik yang diapit tombol sentuh sensitif untuk back dan recent. Micro USB dan soket headphone terdapat di sisi bawah, sementara penampang SIM nano seperti iPhone dan slot kartu microSD terdapat di sisi kanan dengan tombol power di bagian atasnya serta volume rocker di sisi kiri. Sementara pada bagian belakang terdapat kamera yang diapit lampu flash LED.

Desain dan konstruksi Galaxy A3 jauh lebih baik dari biasanya dan sebagai catatan, sebelumnya banyak smartphone Samsung Galaxy memiliki cover belakang dan baterai yang bisa dilepas. Sedangkan Galaxy A3 tidak, semuanya tersegel dan seperti disebutkan sebelumnya, kamu tetap bisa mengakses slot kartu microSD.

Hardware
Galaxy A3 menggunakan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 410 1.2GHz dengan GPU Adreno306 dan RAM 1.5GB. Kamera belakang 8MP dan depan 5MP sekaligus dilengkapi dengan Bluetooth 4.0, GPS dan NFC, WiFi serta mendukung jaringan 4G LTE serta 3G. A3 merupakan satu dari beberapa smartphone dengan dukungan ANT+ built-in yang bermanfaat bila kamu memiliki gadget fitness ANT+ apapun.

A3 menawarkan penyimpanan internal 16GB dengan 11GB diantaranya tersedia untuk pengguna dan sisanya untuk OS Android dan aplikasi. Jika kamu kehabisan kapasitas, tersedia slot kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan.

Layar
Tidak semua orang ingin smartphone dengan layar besar dan A3 menawarkan layar QHD Super AMOLED 4.5in. Ini artinya A3 memiliki resolusi 960×540 piksel atau hanya seperempat dari resolusi layar full HD (1920×1080). Super AMOLED benar-benar berbeda dari LCD, karena piksel individu memancarkan cahaya bukan back-light yang menerangi seluruh layar. Sehingga layar AMOLED umumnya memiliki kontras lebih baik dan warna yang lebih hidup.

Kinerja
A3 yang ditenagai prosesor Snapdragon 410, sangat baik dalam menangani game dan tugas harian tanpa keluhan apapun. Baterai dengan kapasitas 1,900 mAh terkadang sulit untuk membuat smartphone bisa bertahan dalam satu hari penuh tanpa menggunakan mode hemat daya. Namun proses isi ulang baterai termasuk cepat, dalam satu jam baterai bisa terisi sekitar 60 hingga 70 persen dan butuh sekitar dua jam untuk terisi penuh.

Kamera
Kamera Galaxy A3 mampu menghasilkan foto dengan detail dan ketajaman cukup baik. Tentu saja jangan berharap kualitasnya mampu menyaingi kamera 8MP iPhone 6, namun hasilnya cukup layak untuk berbagi foto dengan keluarga dan teman melalui internet. Kedua kamera depan dan belakang memiliki aspek rasio bawaan 16:9, artinya kamera mengambil foto pada resolusi lebih rendah (6MP kamera belakang dan 3.7MP untuk kamera depan, kecuali kamu mengubah setting untuk menggunakan aspek rasio native 4:3.

Kamera depan sangat baik dengan default mode untuk selfie yang secara otomatis memanipulasi hasil foto wajah. Selain itu terdapat sejumlah opsi lain yang cukup bermanfaat seperti mode wide-selfie, sehingga A3 merupakan pilihan tepat buat kamu yang hobi bernarsis ria.

Software
Meski Galaxy A3 menjalankan Android Kitkat, namun update ke Android 5.0 kabarnya telah digulirkan. Selain itu Samsung juga melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada versi terbaru antarmuka TouchWiz. Smartphone juga tidak dijejali dengan banyak aplikasi pra-instalasi, hanya terlihat Flipboard untuk panel news feed homescreen, Dropbox dan beberapa aplikasi Samsung seperti S Voice dan Galaxy app.

Kesimpulan
Samsung Galaxy S3 merupakan smartphone cantik yang dapat memenuhi semua kebutuhan komunikasi kamu, termasuk game, internet dan media sosial. Patut dipertimbangkan bila kamu lebih memilih smartphone dengan ukuran layar tidak terlalu besar.

Dapatkan Promo Harga Terbaik Samsung Galaxy A3 hanya di Bhinneka.Com

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s