Smartphone kini banyak menggunakan layar besar dengan resolusi tinggi, prosesor powerful dan butuh memori lebih besar untuk menangani tugas yang semakin kompleks. Ini artinya membutuhkan energi baterai yang besar agar bisa bekerja ekstra setiap harinya, sehingga power bank menjadi aksesoris yang wajib dimiliki.

Kondisi yang sama juga terjadi pada laptop, bahkan seiring bertambahnya usia baterai mambuatnya harus selalu dekat dengan steker listrik. Sebagian besar perangkat elektronik konsumer dilengkapi dengan baterai Lithium ion dan Lithium Poly yang tujuannya bisa isi ulang dengan cepat bukan bertahan lama.

Berikut tips umum yang tujuannya memperpanjang penggunaan dan siklus hidup baterai baik untuk smartphone, tablet maupun laptop.

Jaga Agar Tetap Dingin
Baterai yang terapapar suhu tinggi bisa mempercepat penuaan dan mengurangi performa baterai dari waktu ke waktu. Menggunakan perangkat di lingkungan dengan suhu normal atau tidak lebih dari 30⁰C bisa meningkatkan siklus hidup baterai, sehingga kamu perlu menjaganya agar tidak terekspos panas seperti membiarkannya terpanggang di bawah sinar matahari dan di dalam mobil.

Bila menggunakan cooling pad untuk laptop pastikan panas yang dihasilkan CPU keluar dari ventilasi dengan lancar. Paparan debu bisa menyumbat ventilasi dan membuat kipas bekerja ekstra yang menyebabkan meningkatnya beban listrik.

Gunakan Aplikasi Berbayar
Menurut peneliti asal AS, aplikasi dengan dukungan iklan rata-rata menguras 2.5 hingga 2.1 jam energi baterai. Sebenarnya tidak semua aplikasi gratis menguras baterai, namun bila kamu kemudian melihat iklan dan mengganggapnya membebani bandwith dan memperlambat kinerja, kamu bisa beralih pada aplikasi berbayar. Untuk laptop, menjalankan aplikasi lokal untuk melakukan sesuatu seperti mengedit teks bisa mengurangi konsumsi baterai dibanding memanfaatkan sumber daya online melalui browser.

Matikan Pelacak Lokasi
Laporan terkini menyebutkan, aplikasi Facebook menguras baterai iPhone karena terus-menerus melacak lokasi pengguna melalui modul GPS. Mematikan pelacak lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukan lokasi kamu akan sangat membantu menghemat energi baterai.

Turunkan Kecerahan Layar
Ini tips yang berlaku untuk laptop dan perangkat mobile. Sebagian besar perangkat umumnya memiliki pengaturan brightness yang mudah diakses. Selain itu, mengurangi waktu tampil layar saat tidak aktif juga dapat menghemat energi baterai. Kamu bisa melakukan penyusaian setting tersebut di smartphone Android dengan mengakses Setting> Display dan di iOS, Setting> General> Auto-lock.

Pada laptop Windows klik kanan pada ikon baterai dan klik Power Option. Ubah pengaturan menjadi Power Saver dan Windows akan menurunkan kecerahan, mengubah waktu siaga, dan pengaturan lainnya.

Arahkan Update Aplikasi Melalui Wi-Fi
Penggunaan prosesor atau bandwith secara intensif umumnya menguras lebih banyak energi baterai. Sehingga waktu standby terbaik ialah saat tidak melakukan apapun dan terhubung pada WiFi untuk akses data. Jadi sebaiknya jadwalkan update aplikasi hanya terjadi melalui Wi-Fi atau saat perangkat terhubung pada stop kontak bila mendukung.

Aktifkan Mode Low Power
Tidak semua ponsel Android memiliki battery saver mode, namun bila kamu menggunakan Android 5.0 atau yang lebih baru pasti memiliki fitur yang secara otomatis aktif saat energi baterai tersisa 15 persen. Mode tersebut menonaktifkan aplikasi di latar belakang, pelacak lokasi, dan aktivitas sinkronisasi lain untuk menghemat baterai.

Sedangkan fitur baru yang disebut Doze pada Android Marshmallow bisa membuat ponsel tidur lelap saat tergeletak dan lama tidak digunakan. Fitur ini mampu menggandakan waktu standby, namun sayangnya, kamu tidak akan bisa memanfaatkan fitur Doze bila menggunakan ponsel lawas.

Mode Flight
Jarak antara menara selular dengan ponsel bisa mempengaruhi waktu standby. Sehingga bila kamu berada dilokasi yang tidak ada sinyal, sebaiknya alihkan smartphone kamu ke mode Flight untuk menghemat baterai agar tidak terus menerus mencari sinyal selular.

Gunakan Baterai atau Powerbank untuk Menghemat Daya Baterai, Pilih yang Berkualitas hanya di Bhinneka.Com

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s