Membangun studio musik di rumah bisa menjadi sebuah proyek mahal dan bisa menguras tabungan kamu. Namun, bisa menjadi urusan mudah dan murah bila kamu tahu apa yang dibutuhkan dan apa yang harus dilakukan. Bila kamu telah memiliki komputer dan software, produksi musik bisa menjadi modal awal membangun sebuah studio musik di rumah, tinggal memilih jenis hardware yang dibutuhkan untuk studio kamu.

Membuat Studio Musik di Rumah yang Nyaman
Membuat Studio Musik di Rumah yang Nyaman

Studio musik umumnya memerlukan controller MIDI, sepasang headphone atau speaker yang baik dan bila kamu ingin merekam suara secara langsung seperti vokal atau gitar, dibutuhkan pula interface audio dan sebuah microphone untuk menyimpan suara ke dalam komputer.

Speaker VS Studio Monitor
Bila belum memiliki keahlian mumpuni, belum tentu kamu membutuhkan speaker studio high-end, sehingga lebih bijak berinvestasi pada satu set speaker yang memberikan kamu banyak ide untuk apa yang ingin kamu hasilkan. Studio monitor merupakan speaker yang dibangun untuk memberikan representasi akurat dari suara yang kamu buat, sehingga menghasilkan suara yang terkesan datar. Sementara sepasang speaker home theater maupun speaker komputer menghasilkan suara yang lebih berwarna sehingga membuatnya lebih terdengar menarik di telinga.

Audio Interface
Salah satu bagian penting dan sering diabaikan dari studio musik rumah ialah sebuah audio interface, yang menyediakan koneksi rute suara masuk dan keluar dari komputer kamu. Komputer mungkin memiliki interface audio atau sejenisnya, namun kamu mungkin tidak memiliki beberapa koneksi input seperti untuk microphone atau instrumen lain. Di sini perlu mengetahui secara persis apa saja yang akan dihubungkan di studio kamu, sehingga bisa membeli audio interface yang sesuai dengan kebutuhan.

MIDI Control
MIDI Controller atau keyboard kini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan harga. Bila kamu merupakan pemain keyboard atau piano profesional bisa jadi ingin investasi pada sesuatu yang bagus dan sempurna, namun sebagian lagi lebih mempertimbangkan harga dan keyboard 25-key memainkan perannya dengan baik dalam memenuhi semua keinginan. Ini cukup berguna bila kamu ingin menggunakan kontroler untuk mengubah tombol-tombol virtual dalam software musik kamu.

Dalam memilih Control Midi faktor pertama yang harus dipertimbangkan ialah kenyamanan dan jangan terlalu terpengaruh pada jumlah key. Belum tentu kamu memerlukan 88 key, karena bisa jadi 25 key bekerja dengan baik untuk kamu. Kemudian pertimbangkan ukuran dan pilih yang sesuai dengan meja studio kamu serta sebaiknya, hindari MIDI controller yang terlalu rumit. Sebuah controller midi sederhana lebih mudah digunakan untuk belajar dan bekerja.

Bila kamu seorang pemula dalam membuat musik, keuntungan yang bisa kamu nikmati saat ini ialah harganya yang semakin terjangkau. Dengan bantuan komputer dan beberapa software bisa menjadi modal awal yang baik untuk menghasilkan musik layaknya seorang profesional dengan biaya lebih murah dibanding bila kamu melakukannya satu dekade lalu.

Ayo mulai bangun studio musik kamu sekarang juga! Cek perlengkapan musik hanya di Bhinneka.Com ya 😉

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s