Bila memperhatikan dengan serius layar smartphone, kamu mungkin akan melihat koleksi sidik jari berminyak, kulit mati atau makeup dari wajah, atau mungkin terdapat debu maupun cipratan cairan dan berbagai jenis kotoran lain. Ini mungkin baru smartphone yang layarnya disentuh ratusan kali setiap hari, belum mempertimbangkan keadaan layar tablet, laptop, keyboard, komputer maupun mouse.

Tentu saja ini tidak hanya berkaitan dengan kebersihan, karena debu, kotoran maupun partikel sering membuat gadget terutama komputer menjadi tersumbat. Akibatnya akan terjadi overheat yang membuat kinerja komputer dan akhirnya merusak komputer.

Jangan lupa flu dan penderita alergi, karena perangkat elektronik yang kotor menjadi tempat berkembang kuman dan bakteri, terutama bila sering menggunakannya bergantian. Saat keluar rumah serbuk sari bisa saja menempel di gadget ketika kamu menggunakannya saat di perjalanan.

Bila kamu berniat membersihkan komputer, smartphone, tablet, TV dan gadget lain, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan. Namun jangan lupa pastikan kamu mematikannya atau mencabutnya dari kontak listrik sebelum membersihkannya dan lakukan ditempat terbuka atau memiliki ventilasi cukup baik.

Layar
Alat terbaik untuk membersihkan layar ialah lap mikrofiber yang lembut dan tidak akan menggores layar. Jangan gunakan tisu kasar karena bisa menyebabkan goresan dan torehan. Kebanyakan kotoran dan partikel bisa hilang dengan mudah, namun untuk menghilangkan noda membandel dan sidik jari basahi lap dengan air keran, jangan menuangkan air langsung pada layar.

Beberapa orang mencampur air dengan cuka putih atau alkohol dengan rasio 1:1 agar hasilnya lebih bersih. Jangan gunakan pembersih kaca dilayar komputer atau TV karena banyak yang mengandung zat amonia sehingga merusak permukaan layar.

Kamu juga bisa menerapkannya saat membersihkan lensa DLSR, namun lakukan dengan sangat hati-hati. Sebelum menggunakan lap atau cairan, sebaiknya coba terlebih dahulu menggunakan semprotan udara atau blower bertenaga rendah untuk mengusir debu.

Casing
Lap mikrofiber juga bisa dipakai membersihkan tubuh gadget dan cotton bud bisa melakukannya lebih baik untuk membersihkan sela-sela sudut dan port yang terbuka. Jika sedang berhadapan dengan keyboard, pastikan kamu membersihkan sela-sela setiap tombol.

Bila cotton bud tidak cukup, gunakakan cairan pembersih seperti alkohol isopropyl, basahi kemudian coba bersihkan kembali. Meski alkohol mudah menguap, jangan biarkan terlalu basah karena bisa saja meresap kebagian dalam. Sebaiknya tunggu sekitar 15 menit atau lebih sebelum kamu kembali menyalakan gadget untuk memastikannya benar-benar menguap.

Cotton bud juga bisa diandalkan untuk membersihkan keyboard komputer dan berbagai port yang terbuka pada casing komputer. Kompresor udara juga bisa digunakan untuk menyingkirkan kotoran menumpuk kemudian menggunakan cotton bud untuk kotoran lengket dan pekerjaan yang lebih detail. Kompresor udara sangat cocok untuk membersihkan laptop dan desktop bila kamu belum berpengalaman membuka casing laptop maupun komputer. Kamu hanya perlu mengarahkan kompresor udara pada ventilasi exhaust fan.

Bagian Dalam Komputer
Bila dapat mengakses bagian dalam komputer, kamu bisa membuatnya menjadi lebih bersih dengan menyingkirkan debu dan kotoran lain yang bisa menyebabkan overheat. Kamu perlu melakukannya paling tidak enam bulan sekali, namun bila tinggal dilingkungan yang sangat berdebu lebih baik dipersingkat beberapa bulan.

Setelah penutup casing dilepas dan bagian dalam terbuka kamu bisa memulai dengan membersihkan bagian non listrik termasuk fan, casing power supply dan drive optik dengan lap kering. Sementara komponen listrik, sebaiknya menggunakan kompresor udara dan disarankan memakai kacamata dan masker terutama jika bagian dalam komputer dipenuhi dengan kotoran dan debu.

Tisu gulung bisa digunakan untuk menghilangkan debu membandel, tapi lakukan dengan sangat hati-hati dengan tidak menggosoknya terlalu keras dan tidak merusak komponen pada papan sirkuit. Jangan gunakan lap bahan karena memungkinkan timbulnya listrik statis dan jangan gunakan cotton bud sebab serat kapasnya bisa terperangkap dikomponen papan sirkuit.

Temukan berbagai pilihan Lap Serbaguna untuk merawat Gadget-mu hanya di Bhinneka.Com

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s