Memilih Senar Untuk Gitar Akustik Kesayangan Kamu

Sangat penting untuk mengganti string gitar setelah penggunaan yang cukup lama dan sudah waktunya di-pensiunkan. Memilih jenis string yang kurang tepat bisa merusak gitar kesayangan kamu, sehingga ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli string untuk pertama kalinya.

String Gitar Akustik
String Gitar Akustik

Perbedaan senar baja dan nilon
Perlu diperhatikan, menggunakan senar yang ditujukan untuk gitar akustik pada gitar klasik bisa merusak bagian leher gitar. Ketegangan senar dan gitar berbeda-beda, sebaiknya kamu tidak menggunakan senar gitar klasik untuk gitar akustik atau sebaliknya.
Bila gitar sering dimainkan, kamu mungkin ingin selalu memilih senar berbahan perunggu 8/20 dan phospor cenderung membuatnya tahan lebih lama.

Bahan yang kamu pilih berpengaruh terhadap suara gitar
Senar gitar umumnya menggunakan material perunggu, perunggu phosphor, sutra dan baja. Ini merupakan bahan paling umum digunakan, meski ada pula yang menggunakan bahan lain.
– Senar Perunggu sering juga disebut perunggu 80/20 karena dibuat dengan kandungan 80% tembaga dan 20% seng. Senar jenis ini biasa digunakan hampir semua jenis permainan gitar dan menghasilkan suara bening yang cepat memudar setelah beberapa saat dimainkan. Senar perunggu ini menjadi senar yang paling umum digunakan.
– Senar perunggu phosphor merupakan senar perunggu dengan tambahan phosphor. String ini menghasilkan suara yang hangat dan tahan lebih lama dibanding senar perunggu.
– Senar sutra dan baja menghasilkan suara lembut atau mungkin suara mellow. Senar sangat sesuai untuk gitar vintage yang memerlukan string khusus. Senar jenis ini lebih tenang dan lebih mudah dimainkan, namun kurang tahan lama.

Periksa Ukuran Senar
Senar memiliki ketebalan berbeda dan umumnya pengukuran berdasar diameter dengan patokan inci. Ukuran bisa diketahui melalui angka yang tercantum misal .009,.101,.011 atau mungkin dengan kata-kata seperti extra light, light, medium atau perpaduan keduanya. Pemula bisa memulai dengan light atau extra light agar lebih mudah dimainkan, kemudian beranjak pada ukuran lebih tinggi bila dirasa makin percaya diri memainkannya.

Memilih Senar Berpelapis
Beberapa senar gitar dibuat dengan tambahan lapisan untuk membuatnya tahan lebih lama. Lapisan ini juga menghasilkan tekstur halus yang disukai sebagian gitaris. Lapisan membuat senar tahan lebih lama dan anti karat dan senar jenis ini biasanya sedikit lebih mahal dari senar biasa. String berpelapis juga hadir dalam berbagai warna seperti merah, biru, hitam dan berbagai warna lain.

Harga
Beli senar yang sesuai dengan kemampuan, tidak selalu senar dengan harga selangit bisa membuat suara gitar terdengar lebih indah. Jadi pastikan harga senar tidak membuat isi kantong kamu terkuras, karena kamu tidak perlu string berkualitas tinggi untuk memperoleh suara yang bagus. Mempelajari kelebihan dan kelemahan senar melalui website review cukup membantu dalam menentukan senar yang kamu inginkan.

Segera kunjungi Bhinneka.com untuk memperoleh senar berkualitas yang sesuai untuk gitar kesayangan kamu.

Written by Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang melayani segmen perorangan, UKM, korporasi dan institusi pemerintahan untuk pengadaan barang dan jasa, meliputi perangkat, peralatan, perkakas dan solusi. Bhinneka melayani kebutuhan pengadaan perusahaan melalui platform Bhinneka Bisnis di b2b.id, maupun yang fokus pada bisnis cetak format besar melalui Digital Printing Solutions (DPS), serta bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga melakukan ekspansi bisnis di luar 3Cs yakni dengan melengkapi pilihan kategori MRO (Maintenance, Repair, Operational) untuk kemudahan pelanggan korporasi membeli beragam kebutuhan. Untuk menjawab tantangan industri, sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: