BlackBerry kembali menghadirkan smartphone layar sentuh kelas menengah dengan sebutan BlackBerry Leap yang merupakan penyempurnaan dari seri smartphone Blackberry yang lebih murah yaitu Z3. Leap kini dilengkapi display dan kamera yang lebih baik, prosesor lebih cepat dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Blackberry Leap

Desain dan Kualitas

Desain BlackBerry Leap sangat mirip dengan Z3, terlihat berbentuk persegi panjang dengan lembaran kaca tebal dan sudut tajam. Ponsel terasa solid dan kokoh dengan bobot sekitar 170 gram atau 4 gram lebih berat dari Z3.

Bagian depan didominasi layar 5-inci dengan logo BlackBerry di bawah dan gril lubang suara di bagian atas. Tombol rocker volume berada di sisi kanan dan tombol power ada di sisi atas bersama dengan jack 3.5mm. Kedua tombol relatif lembut dan cukup responsif ketika disentuh. Slot microSD ada di sisi bawah dan sisi kanan terdapat flap yang menyembunyikan slot micro sim dan kartu microSD. Sementara dibagian belakang terdapat kamera 8MP, logo Blackberry dan kisi-kisi speaker.

Display

BlackBerry Leap dilengkapi display LCD HD 5-inci (1280x720p). Layar terlihat lebih tajam dibanding BlackBerry Z3, namun kalah terang dibanding layar perangkat BlackBerry 10 yang merupakan perangkat kelas atas. Layar milik Leap mampu sedikit meminimalisir pengaruh sinar matahari langsung sehingga tetap nyaman untuk mata. Selain itu, layar memiliki sudut pandang luas dan panel sentuh yang sangat responsif.

Software

BlackBerry Leap menjalankan BlackBerry OS 10,3,1, versi terbaru dari sistem operasi BlackBerry 10. Iterasi terbaru dari OS hadir dengan beberapa perubahan kosmetik dan perbaikan fungsional. Struktur dasar tetap sama dan UI pada dasarnya dibagi menjadi hub, panel aktif dan panel aplikasi. Hub menampilkan segala macam pesan pemberitahuan, panel aktif memperlihatkan aplikasi yang terakhir kali diakses dalam format widgetized yang menampilkan kilasan informasi, sementara panel aplikasi berisi ikon semua aplikasi yang ter-install.

Ponsel juga meliputi BlackBerry Meeting, aplikasi konfrensi video dan voice lintas platform terbaru BlackBerry. Kamu bisa memulai atau menjadwalkan konfrensi video dan audio dengan peserta hingga 25 orang dari perangkat mobile masing-masing. Peserta bisa invite dari address book lokal atau bisnis melalui BBM atau email dan seluruh jadwal meeting langsung terjadwal dikalender perangkat.

Ada pula BlackBerry Blend untuk membawa pesan dan konten diponsel BlackBerry ke komputer dan atau tablet. Kamu bisa memperoleh notifikasi pesan instan, membaca atau merespon email, berkirim pesan BBM maupun mengakses dokumen, kalender, kontak dan media secara real-time melalui perangkat apapun. BlackBerry Blend bisa mendukung perangkat Mac (OS X 10.7 keatas), Windows 7 keatas dan tablet Android dengan OS Android 4.4 keatas melalui data seluler, USB maupun koneksi WiFi.

Kamera

BlackBerry Leap memiliki kamera belakang 8MP lengkap dengan auto focus dan LED flash, serta kemara depan 2MP. Kamera hadir dengan fitur Time Shift untuk memilih foto terbaik dari serangkaian foto yang tertangkap sekaligus memiliki filter foto.

Gambar yang diambil pada siang hari cukup baik, bahkan hasil gambar yang diperoleh dalam cahaya minim lebih baik dibandingkan dengan Z3, bahkan mampu menampilkan detail lebih rinci dalam kondisi minim cahaya meski gambar terlihat sedikit kasar. Sedangkan kamera depan cukup fungsional dan berguna untuk mengambil foto selfie cepat maupun chating video.

Kamera belakang mampu merekam video HD 1080p dan kamera depan mampu menghasilkan video 720p. video yang diambil dengan kamera belakang cukup mengesankan terutama ketika kondisi pencahayaan cukup baik.

Hardware dan Kinerja

BlackBerry Leap dibekali prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 1.5GHz dan RAM 2GB. Smartphone juga dilengkapi dengan penyimpaan internal 16GB serta kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 128GB. Baterai 2800mAh diklaim BlackBerry menawarkan waktu bicara hingga 17jam dan waktu siaga mencapai 16.5 hari.

Hadware tersebut membuat ponsel bisa digunakan tanpa kendala apapun saat navigasi melalui layar home antara hub, panel aktif dan panel aplikasi maupun saat meluncurkan atau beralih antar aplikasi. Panel aktif mendukung hingga 8 aplikasi, ini artinya kamu bisa menjalankan 8 aplikasi bersamaan dilatar belakang seperti halnya ponsel BlackBerry Z10 dan Z30.

Selain ponsel mampu memutar berbagai video termasuk video full HD dan file audio tanpa tersendat dan menawarkan kualitas panggilan dan penerimaan sinyal cukup baik. Speaker eksternal menawarkan output suara stereo cukup keras dengan kualitas cukup baik.

Kesimpulan

Bila BlackBerry Z3 ditargetkan untuk mereka yang berusia muda, BlackBerry Leap dianggap sebagai ponselnya para profesional dan perusahaan yang menginginkan perangkat layar sentuh dengan fitur keamanan dan komunikasi handal khas BlackBerry. Ponsel ini direkomendasikan terutama untuk kamu yang sering menggunakan telpon untuk e-mail  atau jika kamu ingin memiliki ponsel kedua untuk bekerja dan sudah memiliki sebuah perangkat Android atau iPhone.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s