Saat menggunakan komputer di kantor pastinya ada beberapa program yang selalu kamu jalankan bersamaan, misal Browser, Excel dan Email Outlook. Ada cara agar hanya dengan melalukan sekali klik, beberapa program dapat terbuka secara bersamaan. Kamu bisa membuat sebuah file batch, atau sebuah shortcut desktop yang bisa membuka langsung lebih dari dua program sekaligus. Tips di bawah menggunakan Windows 10 dan bisa bekerja pula untuk versi lama.

Langkah 1
Buka Start menu untuk mencari program pertama yang ingin kamu buka melalui batch. Klik kanan program dan klik Open file location.

Langkah-1

Langkah 2
Jendela File Explorer akan terbuka ke lokasi program. Klik kanan program di File Explorer dan klik Properties.

Langkah-2

Langkah 3
Setelah muncul jendela Properties klik Shortcut tab. Pilih teks yang terdapat pada textbox target, copy kemudian paste pada Notepad.

Langkah-3

Langkah 4
Ulangi langkah 1 hingga 3 untuk program kedua, ketiga dan seterusnya yang ingin kamu buka dalam satu klik.

Langkah 5
Setelah mengumpulkan info target seluruh program di notepad, tambahkan @echo off pada baris paling atas, kemudian tambahkan cd di depan setiap path file. Setelah itu penggal bagian terakhir dari path file (program.exe), letakkan di baris berikutnya dengan menambah start didepannya. Jangan lupa tambahkan exit dibaris terakhir notepad.

Langkah-5

Langkah 6
Simpan notepad sebagai file BAT di desktop dengan cara klik File kemudian Save As. Arahkan menuju desktop kemudian beri nama shortcut diikuti dengan akhiran .bat. Klik drop down menu pada Save as type dan pilih All file kemudian Save.

Langkah-6

Kamu akan melihat sebuah shortcut baru muncul di desktop dengan ikon roda gigi kecil. Klik ganda shortcut tersebut dan kamu akan melihat jendela Command Prompt muncul dan menghilang, diikuti program yang kamu buka bersamaan.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s