Setelah sukses dengan Honor 6, Huawei kembali menghadirkan turunan smartphone andalannya yaitu Honor 6 Plus yang kini telah beredar luas dipasaran. Uniknya Honor 6 Plus dilengkapi dengan tiga buah kamera 8-megapixel, dua dibagian belakang dan satu dibagian depan. Huawei mengklaim, dua kamera berposisi sejajar dibagian belakang mampu mengambil gambar lebih baik dari kamera DSLR.

Lihat dan Rasakan
Bila Honor 6 telihat mirip seperti Apple iPhone 4, wujud Honor 6 Plus seperti perpaduan antara iPhone 4 dan Sony Xperia Z3 dengan bentuk tipis hanya 7.5mm dan berat 165g. Bezel yang benar-benar ramping membuatnya lebih mudah digenggam, meski terkadang sedikit kesulitan mengoperasikannya dengan satu tangan mengingat ukurannya layar yang lebar. Desain kaca pada belakang meski telah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 tetap rentan terhadap goresan, bahkan mungkin bisa pecah bila tidak ditangani dengan hati-hati sehingga disarankan memakai case sebagai perlindungan tambahan.

Tombol volume dan power berada di tepi kanan ponsel, sayangnya tidak tersedia tombol khusus kamera yang cukup bermanfaat menghasilkan gambar lebih baik. Di bawah tombol power terdapat dua tray, satu untuk kartu Micro-SIM dan satu lagi bisa digunakan untuk kartu microSD maupun kartu nano-SIM. Port Micro-USB terdapat dibagian bawah bersama dengan mikrofon panggilan telpon, sementara Jack 3.5mm, port infrared dan mikrofon berada dibagian atas.

Bagian belakang terdapat dua kamera, flash, speaker dan label ‘honor.’ Layar mendominasi bagian depan yang diatasnya terdapat kamera sekunder dan LED notifikasi. Ada tiga tolombol pada layar, Recent, Home dan Back untuk navigasi pada sistem operasi Android dan pengguna memiliki keleluasaan menyesuaikan bar navigasi ini sesuai keinginan.

LCD IPS 5.5 inci yang digunakan memiliki resolusi 1080×1920, sehingga layar memiliki kerapatan pixel mencapai 401ppi. Layar Honor 6 Plus kaya dengan warna, sangat vibrant dan memiliki sudut pandang cukup baik. Meski layar tidak terlalu terang, namun tetap jelas terlihat meski terpapar sinar matahari langsung.

Spesifikasi dan software
Honor 6 Plus menggunakan SoC octa-core Hsilicon Kirin 925 dengan arsitektur ARM big.LITTLE, terdiri dari empat core Cortex A7 dengan clock 1.3GHZ dan empat core Cortex A15 1.8GHz dengan GPU terintegrasi Mali-T628 MP4. Honor 6 Plus dilengkapi RAM 3GB dan storage internal berkapasitas 32GB. Kapasitas bisa diperluas hingga 128GB dengan memanfaatkan kartu microSD.

Ponsel telah mendukung jaringan LTE dan dilengkapi konektifitas canggih lain seperti Bluetooth v4.0, WiFi a/b/g/n, Wifi Direct dan NFC. Dua kamera 8-megapixel di bagian belakang dapat digunakan bersamaan untuk memotret gambar komposit 13 megapixel. Selain itu lebih banyak cahaya yang bisa ditangkap untuk hasil gambar lebih baik bila menggunakan dua kamera.

Android 4.4.4 dengan Emotion UI (EMUI) terbaru meambah pesona Honor 6 Plus. Honor menyempurnakan EMUI dengan memasukkan ikon datar dan palet warna pastel yang cukup menyenangkan mata. Software juga mengalami beberapa perbaikan yang sangat berguna salah satunya mode baterai Ultra, yang hanya mengizinkan panggilan, pesan dan kontak. Ada pula pilihan menggunakan mode One-hand UI dengan keyboard, bar navigasi dan UI ponsel yang menyusut kesalah satu sudut layar. Huawei juga menyertakan aplikasi pihak ketiga seperti Kingsoft Office, Facebook dan Twitter.

Kamera
Penggunaan kamera paralel mampu menghasilkan gambar bagus dalam kondisi cahaya minim. Bisa dibilang Honor 6 Plus merupakan ponsel Android terbaik bagi kamu yang suka fotografi minim cahaya dalam rentang harga yang sama. Bahkan mode Super Night dalam aplikasi kamera mampu meningkatkan apertur dan mengurangi kecepatan shutter secara drastis. Ini bisa berfungsi dengan baik bila kamu bisa menjaga kamera tetap stabil atau dengan memanfaatkan tripod.

Kamera juga mampu menghasilkan warna-warna alami saat memotret disiang hari. Software yang menangani pengolahan gambar sukses menekan noise hingga seminim mungkin. Kamu bahkan bisa menyimpan gambar ukuran 13-megapixel yang dihasilkan ponsel melalui tandem kamera belakang. Kamera juga bisa merekam video 1080p, namun saat diuji melakukan rekaman hasilnya ada beberapa area yang terlihat kurang terang. Sementara kamera 8-megapixel dibagian depan mampu menghasilkan foto selfie dengan sangat baik.

Performa
Honor 6 Plus selama periode pengujian begitu menyenangkan digunakan karena mampu beroperasi dengan lancar. Prosesor Kirin 925 berperan cukup baik dalam menjalankan EMUI tercermin dari lancarnya frame rate guliran halaman animasi. Game seperti Apshalt 8 dan Dead Trigger 2 berlari dengan lembut sama tanpa mengalami tersendat sekalipun.

Uji performa ponsel menghasilkan 44,698 poin dengan AnTuTu dan mampu menangani log 11,922 melalui uji Quadrant. Honor 6 Plus juga mencetak angka 14.110 dalam uji 3Dmarik Ice Storm Unlimited dan 17fps dari GFXbench, kedua nilai tersebut berada diatas skor rata-rata.

Seluruh video yang coba diuji termasuk sampel encode 40Mbps bisa berjalan lancar tanpa masalah. Kelemahan hanya terdapat pada loudspeaker karena tidak mempu menghasilkan suara cukup keras dan nyaring, begitupula halnya suara melalui headphone. Sementara modus DTS hanya mampu menguatkan suara tanpa merubah kualitas.

Baterai Honor 6 Plus berkapasitas 3600mAH membuat ponsel bisa digunakan hingga 11 jam 26 menit dalam uji ketahanan baterai. Ini pencapaian yang cukup baik dan paling tidak bisa digunakan seharian untuk penggunaan secara moderat.

Kesimpulan
Banyak hal menyenangkan bila kamu menggunakan Honor 6 Plus sehingga wajar menyebutnya sebagai salah satu ponsel Android terbaik. Kinerja luar biasa dari kamera ganda merupakan keuntungan tambahan, karena tidak banyak ponsel Android pada kisaran harga setara mampu menawarkan kinerja yang sama. Buat kamu yang mengininkan phablet berkemampuan fotografi kamu bisa melirik Honor 6 Plus yang bisa diperoleh melalui Bhinneka.com dengan harga menarik.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s