Harmonika merupakan salah satu instrumen tiup populer di dunia karena kompak, portabel dan mudah dimainkan. Meski hargnya terjangkau dan berukuran kecil, harmonika mampu menghasilkan berbagai nada menakjubkan dan memiliki fleksibilitas tinggi, tercermin dari banyaknya genre musik dimana harmonika ikut ambil bagian. Mulai dari musik blues, country dan rock, hingga musik jazz dan klasik.

Meski terdapat sejumlah harmonika khusus, umumnya mereka termasuk dalam salah satu dari tiga kategori berdasarkan bagaimana mereka berbunyi yaitu diatonis, kromatik dan tremolo.

Harmonika diatonis
Jenis paling umum dari harmonika ini bisa kamu temui dalam musik pop, blues dan folk serta dirancang untuk dimainkan pada kunci nada tertentu. Kesederhanaan harmonika diatonis menjadikannya pilihat tepat bagi para pemula. Umumnya pengajar harmonika merekomendasikan untuk memulai dengan harmonika diatonis 10 lubang dengan kunci nada C.

Harmonika kromatik
Harmonika kromatik biasanya memiliki tuas tombol yang bila diaktifkan langsung mengarahkan udara pada dua pelat getar terpisah yang mencakup seluruh note dalam 12 skala nada musik. Kamu dengan keterampilan yang cukup, biasanya dapat memainkan semua skala menggunakan kromatik.

Kromatik lebih sulit dimainkan dari diatonis, sehingga disarankan memulai dengan diatonis kemudian mencoba instrumen yang lebih menantang setelah siap dan kemampuan semakin meningkat. Belajar pertama kali dengan diatonis dengan memainkan semua posisi memungkinkan kamu lulus dengan mudah untuk memainkan harmonika kromatik. Meski kromatik umumnya berada dikunci C atau G, bila telah menguasai seluruh skala dan posisi dengan tepat dipastikan kamu dapat memainkan hampir semua musik yang menggunakan skala 12 nada standar.

Harmonika tremolo
Harmonika tremolo sering juga disebut sebagai harmonika echo, yang mengeluarkan suara kicau khas mereka melalui penggunaan dua reed per-note, satu disetel sedikit tajam dan satunya lagi disetel flat. Perbedaan bentuk gelombang yang terbentuk dari pasangan reed tersebut menghasilkan efek suara mirip dengan gitar 12 senar.

Harmonika kromatik tremolo cukup populer dalam musik pop dan rock di Asia, sementara diatonis tremolo kadang digunakan dalam musil pop dan folk yang menghasilkan nada natural yang ideal untuk memainkan lagu-lagu country.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s