Setelah berhasil menaklukkan pasar smartphone dipasar negara berkembang terutama China, Xiaomi kini coba mengulang kesuksesannya dipasar tablet melalui Mi Pad. Sepertinya Mi Pad ditargetkan untuk semua kalangan karena merupakan alternatif iPad Mini dengan harga yang jauh lebih terjangkau sekaligus pesaing tablet Android dan Windows dipasaran.

Lihat dan Rasakan

mipad-1
Dari segi ukuran dan keseluruhan dimensi, Mi Pad memiliki banyak kesamaan dengan Apple iPad Mini. Tidak salah bila mengira material body Mi Pad semua menggunakan plastik glossy, meski Xiaomi sebelumnya mengklaim akan menggunakan magnesium alloy untuk membangun Mi Pad. Bagian penutup tidak bisa dilepas dan baterai seperti tersegel di dalamnya.

Terdapat tray kartu microSD di sisi kanan dan tombol power serta volume di sisi kiri. Soket headset 3.5mm terdapat di bagian atas dan port Micro-USB dibagian bawah. Di sudut kiri atas layar terdapat logo Mi dan kamu juga akan melihat kamera dibagian tengah. Pada bagian belakang yang terlihat mengkilap dan cukup licin, kamu akan menemukan kamera dan mikrofon di sudut kiri atas dan dua kisi-kisi speaker di bagian bawah. Logo Mi dan teks regulator juga terlihat di bagian belakang.

Spesifikasi dan SoftwareMi Pad ResolusiBagian paling menarik dari data spesifikasi Mi pad ialah penjelasan mengenai SoC. Ini merupakan salah satu produk yang dikirim keseluruh dunia dengan dibekali SoC Nvidia Tegra K1. Nvidia meluncurkan Tegra K1 dengan sangat meriah pada awal 2014, namun pelepasannya belum mampu memenuhi harapan perusahaan. Meski memiliki angka benchmark yang menjanjikan dan performa grafis superior, tahun lalu produsen ponsel dan tablet tidak banyak meluncurkan produk berbasis SoC dari Nvidia ini.

Nvidia Tegra K1 32-bit yang digunakan Mi Pad memiliki empat core berkecepatan 2.2GHz dan dilengkapi core lowpower sebagai pendamping, yang akan aktif dan membiarkan core utama beristirahat untuk menghemat energi baterai. Arsitektur grafik generasi Kepler Nvidia menjadi salah satu daya tarik dari Tegra K1, yang membuat Mi Pad memiliki mesin game hampir mendekati desktop. Sebab K1 memiliki 192 graphic execution unit yang secara teoritis setara dengan kartu grafis entry-level untuk desktop saat ini.

SoC didukung RAM 2GB dan kapasitas penyimpanan 16GB yang bisa diperluas hingga 128GB melalui kartu microSD. Kamu juga memperoleh Wi-Fi b/g/n/ac dan Bluetooth 4.0 sekaligus GPS, namun versi tablet ini belum dilengkapi dengan kemampuan data seluler atau fungsi telpon. Bila kamu belum yakin tablet Xiaomi mampu bersaing, pertimbangkan spesifikasi layar 4:3 Mi Pad yang berukuran diagonal 7,9 inci dan memiliki resolusi 1536×2048, sama persis dengan generasi kedua dan ketiga iPad mini.

Bila tertarik mengambil foto dengan tablet, Mi Pad memiliki kamera belakang 8-megapixel dan kamera depan 5-megapixel. Kamu bisa merekam video 1080p, namun Xiaomi tidak melengkapinya dengan lampu flash. Sementara baterai yang digunakan memiliki kapasitas cukup besar mencapai 6,700mAh.

MIUI 6 berjalan diatas Android 4.4.4 dengan skala yang pas untuk ukuran tablet dan berperilaku layaknya iOS. Tidak terdapat laci aplikasi, kamu hanya melihat ikon aplikasi segera setelah membuka perangkat. Ada pemisahan ruang untuk ikon aplikasi dan widget dan kamu bisa menggulir ke kiri home screen untuk menemukan layar yang didedikasikan untuk widget. Bila kamu mengisinya layar widget baru dibuat dan lanjut kekiri, sementara ikon menumpuk di sebelah kanan saat kamu memasang aplikasi.

Performa
mipad GAMEHardware sangat menunjang potensi Mi Pad digunakan untuk bermain game. Hasil mengesankan diperoleh dalam uji benchmark menggunakan GFXbench dengan 42fps dan 3DMark memberikan skor 25,338 poin. Ini merupakan skor tertinggi untuk jenis tablet ukuran kecil dan sangat mengesankan mengingat resolusi layar yang tinggi, sehingga tidak diragukan lagi game 3D tampil sempurna diatas layar Mi Pad.

Layar Xiaomi Mi Pad umumnya menyenangkan saat digunakan karena mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. Namun butuh sedikit perjuangan ketika melihatnya dibawah sinar matahari langsung akibat refleksi cahaya dari layar. Tidak ada masalah memainkan berbagai file video yang diuji dan umumnya berputar dengan halus. Kelemahan hanya terdapat pada speaker, maski mampu menghasilkan suara keras namun kerap mengalami distorsi pada volume tinggi.

Kamera menghasilkan foto cukup baik untuk standar tablet dan sangat bisa diandalkan dalam keadaan darurat, karena pastinya kamu tidak ingin bergantung pada kamera tersebut untuk mengabadikan kenangan penting. Daya tahan baterai juga cukup mengesankan karena mampu bertahan selama 13 jam 11 menit dalam pengujian video. Hasil yang baik dan cukup untuk mengusir kebosanan saat melalui perjalanan jauh.

Kesimpulan

Multiple Mi Pad
Xiaomi Mi Pad merupakan produk tablet fantastis dengan harga murah, karena mampu melakukan tugasnya dengan baik sebagai perangkat hiburan portable yang tentunya akan membuat kamu selalu ingin menyimpannya ke dalam tas dan membawanya kemanapun. Cukup menyenangkan bila menggunakannya untuk membaca, menonton film, bermain game dan menelusuri dunia maya. Tertarik dengan Xiaomi Mi Pad, jangan lewatkan kesempatan memperolehnya dengan harga spesial melalui Bhinneka.Com.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s