TP-Link terkenal sebagai merk perangkat jaringan dengan harga terjangkau, namun memiliki performa hebat serta antarmuka web yang mudah dipahami para peminat teknologi hingga masyarakat umum. Salah satu produk modem/router 802.11ac TP-Link yang cukup menarik diulas yaitu AC1900 D9.

Desain dan Kemudahaan Penggunaan

TL-ARCHER-D9-laD9 hadir dengan warna putih dan silver serta memiliki tiga buah anterna yang bisa dilepas, juga dimaksudkan untuk ditempatkan diatas meja bukan ditempel pada dinding. Deretan lamput diatas merupakan sinyal status router terdiri dari power, line sync, konektifitas internet, 2.4GHz, 5GHz, WPS dan aktivitas USB. Terdapat pula lampu tunggal status aktivitas LAN yang mungkin bermanfaat bila terjadi masalah pada empat port Ethernet gigabit dibagian belakang.

TP-Link menyertakan CD kecil dalam kemasan, buku manual, software printer dan petunjuk mudah penggunaan. Ini ditujukan bagi kamu yang belum terlalu akrab dengan antarmuka (UI) web router serta cara menangani setting ADSL dan Wi-Fi. Kamu juga akan menemukan dalam  UI web router tool pemasangan cepat dengan berbagai opsi pilihan.

Peminat teknologi akan menyukai antarmuka web TP-Link yang sederhana dan mudah. Bagi kamu yang masih pemula mungkin bisa sedikit bingung, terutama karena harus memahami bahasa teknis, namun jangan khawatir itu semua ditata dengan baik agar mudah dipahami dalam menemukan informasi maupun pengaturan yang kamu butuhkan.

Fitur

1490-TPLINKArcherD94PortWirelessAC1900ModemRouterD9 memiliki empat port Ethernet gigabit, satu port USB 3.0 dibagian belakang dan satu port USB  2.0 disisi, termasuk tombol fisik untuk power dan Wi-Fi on/off. Selain itu terdapat pula dukungan VLAN, guest network tunggal 2.4GHz. port forwading serta setting wireles dan DSL. Termasuk pula dukungan Dynamic DNS, namun hanya meliputi DynDNS.org dan No-IP sebagai provider layanan.

Dukungan USB memungkinkan akses penyimpanan melalui FTP dan SMB, streaming DLNA serta print server. Kamu perlu memasang TP-Link USB printer controller app untuk dukungan printer. Dalam proses pemasangan disarankan menghubungkan laptop ke router melalui Ethernet meski wireless tetap bisa bekerja dengan baik. QoS tersedia melalui apa yang disebut TP-Link sebagai “bandwith control” untuk dapat membagi kecepatan koneksi internet pada masing-masing klien.

Performa

Tes dilakukan dengan iPerf untuk mengukur kecepatan maksimum wireless pada tiga lokasi, yaitu ruang sebelah sebagai lokasi pertama, lantai atas yang harus melalui beberapa furnitur untuk mencapainya sebagai lokasi kedua dan salah satu ruang dilantai atas sebagai lokasi ketiga. Klien nirkabel yang digunakan ialah laptop dengan kartu nirkabel Intel AC7260, dalam mengukur indikator kinerja.

maxresdefault (1)Karena sifat variabel WLAN nirkabel dan konsisi sekitar sehingga D9 diuji beberapa kali dalam sehari untuk memperoleh nilai kinerja terbaik dan kondisi lingkungan lain belum tentu memperoleh hasil yang sama. AC1900 D9 mencapai batas tercepat pada kinerja 2.4GHz dilokasi pertama dengan nilai 175, lokasi kedua 156 dan lokasi ketiga 89.5. Sedangkan kinerja 5GHz, nilai yang diperoleh tetap konsisten, dilokasi pertama 193, lokasi kedua 181, namun dilokasi ketiga cukup rendah hanya menghasilkan nilai 37.7.

Storage juga turut diuji melalui gigabit LAN menggunakan SanDisk Extreme berformat NTFS 64GB yang dihubungkan pada slot USB tercepat dengan mentrasfer file 100MB melalui SMB. D9 mampu mencapai kecepatan sangat baik untuk read dengan nilai 23.26 dan sedikit rendah untuk write dengan nilai 13.41 dari hasil pengujian iPerf.

Kesimpulan

TP-Link Archer AC1900 D9 merupakan produk solid perangkat modem/router sejenis, karena menawarkan kamu keuntungan lebih melalui performa yang hebat dan berbagai fitur menarik dengan harga yang terjangkau.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s