Saat ini,  AC merupakan seperangkat alat elektronik yang sangat penting dan menjadi barang kebutuhan rumah tangga, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dengan iklim panas. Kota yang padat penduduk, banyaknya bangunan gedung-gedung bertingkat dan tingkat polusi udara yang cukup tinggi. Hal itu terjadi karena banyaknya kendaraan bermotor dan bangunan pabrik yang beroperasi. Sehingga, peran AC menjadi sangat penting dalam rumah tangga untuk membuat penghuninya menjadi nyaman saat tinggal di rumah tersebut. Agar suhu AC tetap dingin dan tidak menjadi sarang bakteri maupun virus, maka perawatan AC sangat diperlukan.

Berikut ini ada beberapa cara merawat AC sendiri agar kondisi suhu tetap dingin dan AC tidak cepat rusak. Agar awet dan tahan lama, perhatikan hal-hal sederhana yang kita bsia lakukan dalam pemakaian sehari-hari:

1. Jangan biarkan ruangan sering terbuka:

Pada saat AC Air Conditioner dihidupkan usahakan pintu ruangan tersebut tidak sering dibuka, agar AC akan mati secara otomatis pada saat suhu ruangan sudah tercapai sesuai penyetelan suhu yang kita set, sehingga AC tidak perlu untuk bekerja terus menerus dan listrik jadi hemat.

2. Set temperatur sesuai kebutuhan:

Sebaiknya set temperatur 20C – 25C saja, apabila terlalu dingin (contoh: 16C) temperatur ruangan tidak tercapai yang menyebabkan motor bekerja terus-menerus akhirnya boros listrik (biaya listrik naik & ingat global wanring).

3. Set Fan:

Agar ruangan cepat menjadi dingin posisikan kipas / Auto Swing, kecepatan fan bisa low atau high.

4. Set Timer:

Untuk kamar tidur misalnya set timer ON jam 23.00 dan timer OFF jam 04.00 atau 05.00 pagi, asal ruangan tertutup sampai 1-2 jam kemudian kita bangun  ruangan masih terasa dingin

5. Filter udara dibersihkan:

Ini bisa kita lakukan sendiri, biasanya filter bagian dalam indoor dibersihkan dengan dengan cara yang mudah yaitu menarik filter saringan udara, bersihkan dengan cara dibasahi air, diberi sabun agar debu tidak lengket lalu disiram air lagi dan keringkan dengan kain kering dan pasang kembali, lakukan setiap 2 minggu atau kira-kira 60 jam pemakaian. Yang pertama harus dilakukan ialah :

 Buka filter AC langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membersihkan filter AC Anda adalah dengan membuka Cover Indoor dari bagian AC Anda. Anda tidak membutuhkan peralatan khusus dan cukup membukanya dengan tangan atau membuka baut yang ada dengan obeng. Setelah cover terbuka ambil filter yang ada di dalamnya. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi Anda untuk menunda-nunda proses pembersihan filter AC secara teratur.

Cuci Filter Setelah melepaskan filter AC Anda, sekarang Anda dapat mulai membersihkannya. Anda dapat membersihkan filter AC Anda dengan menggunakan lap yang telah Anda basahi dengan sedikit air atau menghisap debu dan kotorannya dengan menggunakan vacuum cleaner. Jangan tunggu sampai debu menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Lakukan hal ini secara teratur, sehingga proses membersihkannya menjadi lebih mudah dan cepat.

– Kembalikan Filter AC ke Tempat Semula setelah merasa filter AC Anda bersih dan bebas dari polusi yang dapat mempengaruhi performanya. Tidak perlu alat atau keahlian khusus untuk melakukan hal ini. Anda dapat melakukannya kapan saja.

6. Perawatan rutin :

Lakukan perawatan dengan memanggil tehnisi AC yang anda percaya untuk membersihkan dan melakukan pemeriksaan semua komponen setiap 3 bulan, karena ada bagian-bagian yang harus dirawat tidak bisa kita kerjakan sendiri.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s