Info tips cara merawat printer yang anda miliki agar awet dan tahan lama ini akan lebih mudah dilakukan dari pada memperbaiki printer yang rusak. Tidak butuh waktu lama pada saat melakukan atau merawatnya, hanya butuh waktu beberapa menit namun harus dilakukan dengan rutin. Sekarang silahkan Anda simak beberapa tips mudah yang harus dilakukan pada poin poin dibawah ini.

Yang paling utama adalah menjaga kebersihan printer. Tutup semua jalan masuk dan keluar kertas agar tak ada benda yang masuk kesitu. Baik debu maupun benda lain yang potensial merusak seperti klip atau benda lain. Bersihkan debu dengan kuas atau ditiup. sedang untuk roda roda karet atau plastik, bersihkan dengan lap yang dibasahi, agar debunya terangkat. Karena tinta inkjet bisa membeku dan menghambat kelancaran tinta pada saat mencetak, maka sebaiknya printer digunakan setiap hari, minimal satu lembar kertas.

Roland-VersaStudio-Printer-Cutter_medres

Apabila mencetak dalam jumlah banyak, istirahatkan printer setiap setelah mencetak 15 halaman, sekitar 5 menit, agar mekanisnya tidak terlalu panas sehingga menyebabkan keausan dini.

  • Menggunakan  Printer dengan teratur secara berkala, minimal 1 kali pemakaian dalam seminggu

Printer yang terlalu lama tidak digunakan maka akan berakibat terjadinya kebutuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.

  • Pengisian Tinta

Segera refil atau isi tinta printer bila habis, karena tips ini juga akan membuat head catridge printer yang Anda gunakan menjadi awet dan tahan lama.

  • Mematikan printer secara benar yaitu dengan menekan tombol power

Dengan menekan tombol power pada saat mematikannya, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya. Hal ini akan menjadikan head catridge selalu bersih serta terjaga dari ke buntuan. hilangkan kebiasaan mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power.

  • Hindari penggunaan kertas yang telah berdebu dan kotor

Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kertas akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.

  • Menjaga Kebersihan Printer

Setelah selesai digunakan jangan biarkan printer terbuka begitu saja, selalu tutup printer dengan pelindung (cover) plastik agar kotoran serta debu tidak menempel ke printer.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s