Smartphone Android merupakan jajaran ponsel yang paling banyak dipakai dibandingkan dengan ponsel OS lainnnya. Hal ini disebabkan lisensi OS Android yang bersifat OpenSource sehinga dapat diaplikasikan diberbagai merk ponsel. Selain itu, jumlah aplikasi dan game Android yang sangat banyak dan mudah didapat. kadang membuat ponsel Android kita terasa lemot atau lambat dan kadang menghabiskan battery dengan cepat. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagai tips cara mengatasi smartphone Android yang lemot atau lambat.

MG_5350edit

Walaupun terdapat banyak jenis ponsel Android, pada prinsipnya sama saja bagaimana cara mengatasi kinerja yang lemot atau lambat, bahkan istilah lemot juga pasti dialami untuk smartphone lainnya seperti Apple, Blackbbery dan Windows Phone yang juga sering mengalami kendala yang sama. Ada baiknya kamu mengetahui komponen dan istilah yang terdapat dalam smartphone, dengan mengetahui dasar komponen ini (Prosesor, Ram, Memory dan CPU) kamu akan lebih mudah mengatasi masalah lemot pada HP Android kamu.

Siapa yang tidak mengenal Hp cerdas android di zaman modern ini, pasti sudah mengenal tentunya, bukan hanya model nya yang membuat daya tarik, tapi fiturnya  juga membuat kita penasaran, tapi ada satu masalah pada smartphone yaitu boros nya battery pada android. Tapi jangan berkecil hati, disini kami akan memberi solusi bagaimana cara membuat hp android tidak cepat habis dan irit. Berikut adalah cara mudah mengatasi ponsel Android lemot:

unnamed

  • Hapus atau nonaktifkan aplikasi bawaan pabrik dengan cara: pindahkan aplikasi ke memori – hapus cache, log – pilih menu no multitasking – soft reset / hard reset. Soft atau hard reset ialah upaya untuk mengembalikan ponsel kedalam bentuk seperti dalam kondisi baru, semua aplikasi, memori akan terhapus, jadi ponsel akan benar – benar tampak seperti baru dibeli, semua pengaturan akan kembali default, sebelum melakukan tindakan ini, Kamu wajib membackup semua data, kontak, file apapun, cara yang termudah Kamu menggunakan aplikasi Mobogenie for PC.

Must-Have-Smartphone-Apps-in-2014

  • Baik HP baru atau lama pasti ditentukan aplikasi. Aplikasi bawaan dari pabrik, yang belum tentu Kamu membutuhkan sering terpakai, maka nonaktifkan aplikasi tersebut supaya tidak membebani prosesor dan memori, caranya: buka pengaturan – pilih menu aplikasi – pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan – hapus instalan atau nonaktifkan (jika sudah terupdate hapus instalan dulu baru dinonaktifkan, jika belum bisa langsung dinonaktifkan)
  • Jika memungkinakan Kamu bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (SDCard) bisa dilakukan secara manual bisa juga dilakukan dengan aplikasi Link2SD. Hal ini supaya tidak membebani hardware ponsel Kamu.

Cara Upgrade Versi Android Terbaru di Smartphone dan Tab

  • Setiap aktifitas yang Kamu lakukan dengan hp Samsung Kamu, baik browsing, bermain game, atau membuka aplikasi aplikasi yang lain, akan selalu meninggalkan berkas bisa berupa sampah, cache, histori, memori, dll.Jika tidak dibersihkan secara continue maka sampah akan semakin menumpuk, cara yang paling admin anjurkan adalah menggunakan aplikasi Clean Master.
  • Biasakan jika menggunakan hp untuk tidak secara multitasking, maksudnya tidak membuka game, browser, musik, video, radio, secara bersamaan, aplikasi yang berjalan bersamaan akan sangat memberatkan kinerja prosesor dan memori RAM.

Written by Bhinneka.Com

Diluncurkan tahun 1999, Bhinneka.Com adalah pelopor e-Commerce Indonesia dan pemimpin pasar lokal untuk kategori produk 3C: Computer, Communication Technology & Consumer Electronics. Selain channel online, Bhinneka.Com juga memiliki jaringan store offline sejak tahun 2004. Perusahaan menjalankan servisnya sendiri untuk memberikan layanan purnajual terbaik. Didirikan di Indonesia, Bhinneka.Com hanya menjual produk-produk original dan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen nusantara.

One comment

  1. Yang saya tau penggunaan cleaner seperti Clean Master sebenarnya malah mengganggu kinerja android system. Walaupun terkesan melakukan ‘bersih-bersih’ memory, tapi sebenarnya aplikasi semacam ini malah memberikan beban lebih jauh. Sistem Android jaman sekarang sudah dibangun dengan sangat baik sehingga ia dapat mengelola penggunaan memory dengan sangat baik – jauh lebih baik dibanding OS Android jadul. Kita memang terbiasa berpikir bahwa memory (RAM) perlu dibersihkan sehingga leluasa. Padahal pola pikir semacam ini malah salah. Perspektif semacam ini sebenarnya adalah prinsip yang dipakai pada pengelolaan memori pada PC, terutama yg berbasis Windows. Sedangkan, perlu diketahui bahwa pengelolaan memori pada ponsel Android sangat berbeda dengan pengelolaan memori pada PC. Di Android, RAM memang diperuntukkan untuk dipakai dan difungsikan sebanyak-banyaknya, karena RAM yang tidak terpakai adalah RAM yang tidak ada fungsinya bagi Android. Saya sudah tidak pernah install aplikasi semacam itu dan tidak pernah mengalami lagging/crash yang berarti. Malah hal2 itu terjadi ketika saya menggunakan Clean Master. FYI, saya menggunakan Android jadul dengan prosesor Dual Core 1.2GHz dan RAM hanya 768MB.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s